Primbon Arti Kedutan

Penyebab Mata Kedutan Cepat dan Lama

Arti Kedutan - Pernah mengalami mata kedutan? Saya yakin jawabannya ya! Apa penyebab mata kedutan? Saya yakin jawabannya tak tahu! Hahaha. Tahukah Anda jika hampir semua orang di dunia pasti pernah mengalami fenomena satu ini. Kedutan diartikan sebagai suatu dampak dari terjadinya kontraksi sel syaraf di otak Anda. Terjadinya kontraksi membuat pembuluh darah di beberapa bagian tubuh akan tersumbat. Hasilnya, jaringan otot pada sekitar mata kemudian mengalami pembengkakan sesaat namun berulang-ulang.

Penyebab Mata Kedutan

Terjadinya kontraksi sel saraf pada otak yang menjadi penyebab mata kedutan sendiri umumnya dipicu oleh beberapa hal, yaitu stress, kelelahan, konsumsi kafein dan alkohol, mata kering, serta karena ketidakseimbangan asupan nutrisi.

Penyebab Mata Kedutan

1. Stres

Mata kedutan dapat menjadi salah satu indikator adanya stres ringan pada tubuh Anda. Karena stres ini, mata kemudian menjadi tegang, sehingga otot-otot di mata akan mudah menerima impuls dari kontraksi saraf yang terjadi di otak. Mengurangi stres dalam hal ini dapat membantu mata Anda untuk berhenti berkedut.

2. Mata lelah

Penyebab Mata Kedutan
Kurang tidur dan mata lelah adalah penyebab mata kedutan yang paling umum. Keduannya membuat mata Anda bekerja terlalu keras sehingga otot-otot yang menyeliputinya tegang. Bagian mata yang paling sering mengalami kedutan akibat penyebab keduta mata satu ini adalah kelopak.

3. Kafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol dipercaya sebagai pemicu terjadinya mata kedutan yang sering. Keduanya dapat meningkatkan tekanan darah sehingga jika pembuluhnya terhambat sedikit saja, kedutan pun kemudian bisa langsung dirasakan. Kurangi konsumsi kedua zat ini jika Anda ingin memiliki mata yang sehat dan terbebas dari kedutan.

4. Mata kering

Lebih dari 50% orang berumur >30 tahun akan sering mengalami mata kering akibat terjadinya penuaan pada selaput matanya. Risiko lebih besar terjadi pada mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk berada di depan komputer, pengguna lensa kontak, pecandu kopi dan alkohol, serta bagi mereka yang mengkonsumsi antihistamin dan antidepresan. Mata kering adalah penyebab mata kedutan yang paling utama.

5. Ketidakseimbangan Nutrisi

Banyak laporan yang menunjukkan bahwa kekurangan zat magnesium dan kalium dapat memicu terjadinya kedutan mata lebih sering pada seseorang. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengkonsumsi buah pisang. Pisang untuk ibu hamil dan untuk masyarakat umum memang memiliki sangat banyak manfaat kesehatan.

6. Alergi

Gatal, bengkak, dan berair adalah beberapa gejala yang akan sering dialami oleh mereka yang menderita alergi mata. Saat di gosok, mata alergi akan mengeluarkan histamin dan memicu keluarnya air mata. Nah, beberapa bukti ilmiah menunjukan bahwa keluarnya histamin dan air mata secara paksa adalah salah satu penyebab mata kedutan yang sering terjadi.

Nah, itulah beberapa penyebab mata kedutan dari sisi ilmu medis. Tahukah Anda jika mata kedutan bagi orang Indonesia justru dianggap sebagai kode alam dari suatu kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang. Simak primbon arti kedutan membahas fenomena arti mata kedutan tersebut pada posting berikut ini: http://primbonartikedutan.blogspot.com/2015/03/arti-kedutan-mata.html.

0 Response to "Penyebab Mata Kedutan Cepat dan Lama"